Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat dengan Internet Cepat

2 komentar


Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat dengan Internet Cepat - Kehamilan merupakan sebuah kejaiban, yang berawal dari bertemunya sperma dengan sel telur yang melakukan perjalanan sehingga terjadilah konsepsi (pembuahan). Keduanya bersatu lantas berkembang menjadi embrio, terus berkembang menjadi janin, dan lahirlah bayi kecil mungil yang menggemaskan serta membahagiakan kehadirannya.


indihome login indihome gangguan paket indihome
Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat dengan Internet Cepat


 

Masih hangat dalam ingatan delapan bulan yang lalu, saya baru saja melahirkan. MasyaAllah rasanya luar biasa, perjalanan spiritual yang penuh dengan tantangan dan perjuangan. Akhirnya setelah menikah selama 5 tahun, saya dikaruniai amanah yang tidak disangka-sangka. Bahkan saya baru menyadari setelah terhitung dua bulan, kata bidan yang bekerja di Puskesmas.

 

"Sebelumnya program atau bagaimana Bu?" tanya bu Bidan yang memeriksa keadaan saya.

 

"Tidak program, tapi tidak pernah menunda, sedikasihnya sama Allah," balas saya dengan senyum berbinar.

 

"Allhamdulillah. Dijaga baik-baik ya Bu, ini bayi mahal," tutupnya setelah selesai dengan pemeriksaan.

 

Sepulang dari puskesmas dengan mengendarai motor, saya dan suami terharu sekaligus bahagia. Terima kasih Ya Allah.

 

 

Mempersiapkan Kehamilan yang Sehat

 

indihome login indihome gangguan paket indihome


 

Proses kehamilan merupakan perjalanan panjang tapi sangat singkat. Menurut buku yang pernah saya baca, kehamilan justru harus dipersiapkan 3 bulan sebelum terjadinya pembuahan atau saat anda memutuskan ingin hamil. Karena suksesnya sebuah proses kehamilan dan persalinan berawal dari bayi yang sehat dan orangtua yang bertanggungjawab.

 

Jika sudah siap untuk hamil dan memasuki kehidupan menjadi orangtua, maka perhatikan hal-hal berikut, agar kehamilan tidak terpengaruh:

 

Kurangi aktivitas padat

 

Kehidupan jaman sekarang sangat berbeda dengan dahulu, wanita di perkotaan sangat sibuk untuk berkarir. Waktunya dihabiskan untuk bekerja, kadang lupa oh sudah berkeluarga dan bahkan akan menjadi orangtua. Maka saat memutuskan hamil, hindari kegiatan yang bikin tubuh menjadi lelah

 

Ingat akan usia

 

Wanita yang bekerja ada yang sengaja menunda kehamilan sampai usia 30-an tahun dan ada juga yang menikah terlambat sehingga di usia 35 tahun hamil yang pertama. Nah yang kedua adalah fakta yang terjadi dalam diri saya, menikah terlambat karena belum menemukan pasangan jiwa kemudian hamilnya jadi usia semakin menua. Ya gimana, belum menemukan yang mau diajak berumah tangga?

 

Sebenarnya tidak masalah, asal kitanya dalam kondisi sehat dan fit. Namun, dalam dunia kesehatan semakin bertambahnya usia ada masalah yang sering terjadi, yakni infertil, kelainan kromosom sehingga bayi dengan sindroma down akan lebih besar kejadiannya. Namun sepanjang kita masih bisa terus berdoa, semoga bayi yang dilahirkan dari rahim kita perempuan selalu sehat walafiat ya, aamiin.

 

Hindari merokok

 

Memang sih di jaman ini baik pria ataupun wanita sering kita temukan sama-sama suka merokok. Tapi dalam dunia kesehatan ibu hamil yang suka merokok, akan meningkatkan frekuensi jantung janin. Rokok juga bisa menyebabkan keguguran, rusaknya plasenta, janin tumbuh lambat, berat badan bayi lahir rendah, dan lain sebagainya. Yang jelek-jelek intinya, karena merokok memang sangat mematikan, tidak hanya penghisap namun juga yang menghirup asapnya.

 

Jika perokok pasif menghirup 2/3 dari asap rokok yang dikeluarkan perokok. Sementara si perokok hanya 1/3 asap rokok yang dikeluarkannya. Sebisa mungkin hindari para perkok. Untuk pria sendiri rokok menyebabkan spermanya berkualitas buruk dan jumlahnya jadi sedikit.

 

Hindari minum kopi

 

"Aku kecanduan kopi, nggak bisa sehari tanpa kopi".

 

Ada yang demikian? Dan anda seorang ibu hamil? Tenang, tidak perlu berhenti hanya saja mengurangi asupan kafein sementara. Mengapa karena di dalam kopi ada zat vasokontriksi (penyempitan pembuluh darah). Yang mana akan menganggu suplai oksigen yang dibawa untuk bayi.

 

Tidak hanya itu, kafein mengandung zat diuretik yang membuat frekuensi kencing jadi lebih banyak pun kalsium bisa terbuang. Maksimal mengonsumsi 300 gram perharinya, hindari mengonsumsi lebih.

 

Menyiapkan alokasi dana persalinan

 

Dalam persalinan hanya ada dua jalan, secara vaginal melalu jalan lahir (vaginal delivery) atau operasi caesar (caesarean delivery). Dan setiap kehamilan kebanyakan direncanakan untuk melakukan persalinan melalui jalan lahir, tapi terkadang ada kasus tertentu yang membuat rencana semula vaginal delivery menjadi operasi caesar.

 

Dan ada juga yang sedari awal memang sudah bisa diperkirakan akan mealkukan persalinan operasi caeesar, seperti pada kasus kehamilan plasenta previa, yaitu letak bayi sungsang.

 

Dengan adanya persalinan yang tidak bisa diprediksi ini, sebaiknya calon orantua memersiapkan finansial untuk menghadapi proses persalinan nanti. Mengingat operasi caesar memerlukan biaya yang lebih banyak, daripada vaginal delivery.

 

Mempersiapkan Kehamilan yang Sehat dengan Internet Cepat

 

indihome login indihome gangguan paket indihome


 

Selamat! Akhirnya anda sudah hamil.

Sebagian besar wanita bisa merasakan jika dirinya sedang hamil, karena akan ada perasaan yang berbeda dirasakan. Saya sendiri merasakan tidak enak badan dan merasa pusing serta lemas, setiap kali baru bangun tidur. Padahal diri ini merasa sehat dan tidak sedang menderita sakit. Flu tidak, batuk juga tidak. Tapi kok ya tidak mual-mual jika hamil? Ternyata tidak semua wanita merasakan rasa mual dan muntah.

 

Maka penting sekali mengenali tanda-tanda dini kehamilan, agar kita bisa lebih perhatian pada calon bayi dan memaksimalkan diri untuk berdaya. Tentukan juga harus kontrol ke mana, dan pilih tempat melahirkan pun opsi-opsi lainnya.

 

Salah satu yang bisa saya manfaatkan dengan maksimal adalah, memburu ilmu bagaimana kehamilan dan persalinan yang aman serta lancar untuk bayi dan ibu. Tentu saja, saya memanfaatkan Internet Provider yang saya gunakan.

 

Banyak yang bilang olahraga dengan teratur selama kehamilan, bisa menjaga massa otot dan tulang terjaga dengan baik. Rasa lelah yang sering datang, justru bisa hilang dengan aktivitas olahraga.

 

Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan jika rajin berolahraga ketika hamil, bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak, menghilangkan keluhan nyeri dipunggung, sembelit, mencegah diabetes, dan bisa mempersiapkan stamina tubuh dalam menghadapi persalinan.

 

American College of Obsetetrics and Gynecology merekomendasikan kepada ibu hamil untuk olahraga ringan setidaknya 30 menit setiap hari.

 

Saya memanfaatkan Internet Provider untuk mencari tahu olahraga yang tepat untuk ibu hamil, asupan makanan dan minuman yang baik, memantau perkembangan janin setiap minggu, apa yang harus dilakukan untuk memberdayakan diri agar memeperoleh kehamilan dan persalinan yang lancar.

Izinkan saya sharing langkah-langkah memberdayakan diri selama kehamilan tahun kemarin, dengan didukung IndiHome dari Telkom Indonesia.

 

 

1. Mencari tahu Perantal Yoga (Yoga untuk ibu hamil) di lokasi tempat tinggal

 

cek indihome indihome tv indihome wifi



Karena saya tinggal di Kendal, saya mencari tahu prenatal gentle yoga yang bisa dijadikan tempat latihan. Nemu dua tempat, pertama di Bidan Erika dan kedua di bidan Fita. Keduanya menawarkan kelas yang sangat ibu hamil butuhkan.

 

Saya melakukan kelas yoga prenatal private, jadi saya dan suami bisa belajar sama-sama untuk saling mendukung kehamilan yang terbaik. Dimulai kehamilan menginjak tiga bulan, sampai dengan kehamilan besar saya terus berlatih.

 

Sementara dengan bidan Fita saya melakukan kelas daring, karena posisi masih ada Covid-19. Materinya dari olah pernapasan, sampai mengenal fase persalinan.

 

Dengan mengikuti kelas prenatal yoga, saya berharap bisa memaksimalkan diri dalam kehamilan dan merasakan persalinan yang minim trauma.

 

Mental tetap terjaga dengan baik, aliran darah juga mengalir ke bayi dengan positif, meminimalisir komplikasi kehamilan. Yang terbukti setelah mengikuti kelas yoga, saya bisa mengurangi kecemasan dan rasa sakit yang terjadi ketika kontraksi mulai.

 

2. Mengikuti kelas daring dari bidan ternama dan viral

 

cek indihome indihome tv indihome wifi



Setelah browsing menggunakan IndiHome dari Telkom Indonesia, saya menemukan dua bidan ternama dan viral di internet. Ada Bidan Ony, dengan instagram @bidankriwil dan Bidan Yesie Aprilia, dengan instagram @bidankita.

 

Oleh Bidan Ony saya belajar mengikuti 'Kelas Persiapan Persalinan', pada platform TipTip, sementara dengan Bidan Yesie saya mengambil kelas hypnobirthing, melahirkan minim rasa sakit dengan metode audio.

 

3. Mengikuti video-video YouTube dari dokter spesialis kandungan


cek indihome indihome tv indihome wifi


 

Ada banyak dokter tersebar di Indonesia, tetapi yang membuat channel di YouTube tidak banyak. Nah, dengan memaksimalkan IndiHome dari Telkom Indonesia yang digunakan, saya memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

 

Beberapa channel dokter yang saya ikuti ada:

 

  • Dokter Jeffkristiawan
  • Dokter Keven
  • Gue Sehat
  • Spogman
  • Kriwilife

dan beberapa pengalaman YouTuber yang sudah lebih dahulu melakukan persalinan

 

Dari chanel-chanel tersebut saya dapat memantau perkembangan janin, apa yang harus dilakukan ketika tiba USG, mengatasi mual pada trimester 1, apa yang harus konsumsi ibu hamil, posisi tidur yang baik, dan lain sebagainya. Pokoknya dari apa yang disarankan baik untuk ibu hamil, pantangan yang tidak boleh dilakukan, keluhan yang dirasakan ibu hamil, sampai dengan solusi yang bisa dilakukan.

 

Pun vitamin apa saja yang bisa mendukung ibu hamil, seperti minum kalsium, minum asam folat yang harus terus-menerus diminum. Tidak lupa wajib mengonsumsi air putih yang banyak.

 

Meskipun belajarnya hanya dari internet, nyatanya semua sangat berguna dan membuat saya mengalami persalinan yang minim trauma.

 

4. Membaca buku menghadapi kehamilan dan persalinan

 

Minat baca masyarakat Indonesia memang rendah, tapi dibandingkan dahulu justru sekarang lebih baik. Menurut data Perpustakaan Nasional (Perpusnas), tingkat kegemaran membaca (TGM) masyarakat Indonesia sebesar 63,9 poin pada 2022. Skor tersebut meningkat 7,4% dibandingkan setahun sebelumnya yang sebesar 59,52 poin. Allhamdulillah ya.

 

Oleh sebab itu sebagai ibu hamil saya harus membekali diri dengan ilmu, beruntungnya kok saya langganan aplikasi Gramedia Digital di ponsel barengan 4 teman lainnya patungan. Karena 1 akun bisa dipakai 5 orang, kami patungan memakai dalam setahun.

 

Jadi berbekal Internet Provider yang baik untuk mengaksesnya yang mana harus di download lebih dahulu baru bisa dibaca, sungguh membuat saya makin nambah pengetahuan soal kehamilan dan persalinan.

 

Dari seorang ibulah anak-anak bisa bertumbuh dengan baik, makanya penting banget memersiapkan diri untuk menjadi lebih baik. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin dan didampingi oleh Internet Provider yang moncer seperti IndiHome besutan Telkom Indonesia ini.

 

 Kamu wajib tahu, mengapa harus memilih IndiHome

 

indihome login indihome gangguan paket indihome

 

1. Memiliki kecepatan internet cepat

 

IndiHome ini luar biasa, karena menawarkan kecepatan sampai dengan 300 Mbps, cocok untuk yang kesehariannya harus bersinggungan dengan internet. Tidak dipungkiri semakin cepat internet yang kita gunakan, maka semakin cepat pula pekerjaan selesai. Betul?

 

2. Ada banyak pilihan paket internet sesuai budget

 

IndiHome merupakan internet provider dengan banyak paket yang bisa dipilih, tinggal sesuaikan dengan budget saja. Ada 3 pilihan yang bisa masyarakat Indonesia pilih, ada paket internet saja, paket internet +TV, dan paket internet+TV+Telepon. Jadi mau pilih yang mana?

 

Kelebihan lain dari IndiHome, ada yang namanya paket IndiHome Study. Buat yang gemar belajar dari rumah dan ada juga Add-On yang bisa memberikan pengalaman terbaik ketika menggunakan internet. Adakah layanan lainnya lagi? Ada dong! Seperti Wifi.id Semaless, Upgrade Speed, Speed on Demand, Wifi Extender, Upload Booster, dan Ultra Wifi.

 

3. Satu layanan terintegrasi kesemuanya

 

Tiga paket pilihan IndiHome, bisa digunakan secara bersamaan. Jadi saat kita teleponan, pake jaringan TV-nya pun bisa.

 

indihome login indihome gangguan paket indihome



4. Ada konten eksklusif khusus pemakai IndiHome

 

Pemakai IndiHome akan dimanjakan dengan konten eksklusif, seperti tontonan film dan acara lain yang mana tidak ada pada layanan TV kabel biasa. Jadi lebih kaya akan tontonan ya kan?

 

5. Jaringannya sampai ke seluruh pelosok Nusantara

 

Buat yang belum pakai IndiHome, layanan Indihome ini bisa mencapai seluruh pelosok Indonesia ya. Saya sendiri yang tinggal di daerah suami cukup jauh dari kabel IndiHome, ditawarkan untuk dipasangkan kabel alias narik kabel. Jadi sedetail itu mereka memberikan layanan untuk pengguna.

 

Nah, sekarang saatnya kita mulai untuk memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya. Karena calon ibu dan ayah wajib memersiapkan kehadiran calon anggota keluarga baru dengan memperkaya ilmu.




Related Posts

2 komentar

  1. Selamat kak atas karunia yang diberikan Tuhan ini. Anak adalah harta yang paling berharga di dunia.

    BalasHapus
  2. Waaaahhh selamat ya mbak, Atas kehamilannya, semoga sehat-sehat terus adek bayinya

    Bener banget itu seputar mundurnya waktu kehamilan karena bukan menunda tapi karena kadang kan kehamilan tiap orang beda² waktunya

    BalasHapus

Posting Komentar