Kunci Sukses Merawat Rumah Sarang Burung Walet dari Om Arief Konsultan Walet Asia Tenggara

13 komentar


Kunci Sukses Merawat Rumah Sarang Burung Walet dari Om Arief Konsultan Walet Asia Tenggara  - Sarang burung walet adalah liur yang dihasilkan oleh burung walet. Burung unik yang tidak bisa bertengger, karena memiliki kaki pendek. Tapi harga sarang burung walet selangit, itulah mengapa resiko bisnis sarang burung walet tidak bisa dianggap main-main.


rumah sarang walet cara membuat sarang burung walet video sarang walet cara membuat sarang walet di rumah rumah yang disukai walet cara membuat sarang walet sederhana biaya pembuatan rumah walet membuat rumah walet murah



Meski begitu nyatanya banyak yang ingin memili dan sudah punya usaha peternakan sarang burung walet. Salah satu pengusaha sukses yang ada di Kabupaten Kendal, adalah Om Arief, yang mempunyai nama lengkap Drs. Arief Budiman. Selain pengusaha, beliau juga konsultan Walet Asia Tenggara lho gengs, keren nggak?

Menurut Om Arief, investasi dalam berbisnis budidaya burung walet hal yang harus dilakukan pertama kali adalah membangun rumah sarang burung waletnya. Rumah bisa gedung juga boleh.

Kerennya lagi burung walet ini mandiri gengs, jadi nggak perlu memberikan makan. Dia biasanya mencarimakan di alam bebas, seperti dari pesawahan, hutan dan perkebunan. Wadaw ... ngirit dong ya?



Pesan Om Arief juga, dalam merawat burung walet tidak terlalu rumit. Ini mah karena beliau sudah expert ya, hehehe ... tapi insyaAllah kita juga akan bilang tidak rumit jika sudah terjun langsung di dalamnya. "Rutinlah dalam membersikan kotoran sarang burung walet di gedung atau rumahnya, karena bagus untuk pupuk tanaman," ungkap beliau.

Bocoran dari Om Arief, dari pengalamannya bahwa gedung sarang walet ini bervariasi modal awalnya. Dari 100 juta sampai dengan 200 juta rupiah sudah bisa membangun, untuk menyiasati harga bisa lebih terjangkau saran beliau membuat rumah papan dalam menekan biayanya. Bahkan di Kalimantan, banyak yang menggunakan dinding kayu agar kelembapan dapat terjaga. Karena burung walet suka yang lembab.

Gimana dong kalau burung walet berburu cari makan, terus nggak balik? Tenang! Ungkap Om Arief, karena sudah ada teknologi menghasilkan suara untuk memanggil si burung walet ini, agar datang ke gedung dan membudidayakan liurnya.


rumah sarang walet cara membuat sarang burung walet video sarang walet cara membuat sarang walet di rumah rumah yang disukai walet cara membuat sarang walet sederhana biaya pembuatan rumah walet membuat rumah walet murah


"Setiap pagi burung walet keluar dan sorenya baru pulang. Setelah capek tidur dan ngiler. Liur atau ilernya ini yang kita ambil lantas dijual," ungkap Om Arief dengan santai dan tertawa khas beliau.

Burung walet biasanya memakan makanan dengan menyambar di udara, soalnya kakinya yang pendek tidak kuat menopang tubuhnya. Dia juga memakan serangga kecil di pohon, di daerah kebun dan pesawahan.

Gimana? Ternyata memelihara burung walet, tidak sesulit yang dibayangkan ya Gengs? Bahkan kita nggak perlu ngasih makan euy. Tertarik membudidayakan sarang burung walet? Kayaknya kalian perlu sowan ke rumah Om Arief hehehe ... salam!

Baca juga : 


7 MANFAAT SARANG BURUNG WALET BAGI KESEHATAN YANG BIKIN KAMU KETAGIHAN


Related Posts

13 komentar

  1. Dulu ayahku, memiliki cita-cita bisnis wallet meski belum kesampaian saya sempat agak sedih paham seluk beluk wallet hehe

    BalasHapus
  2. Wow harga sarang burung walet ternyata selangit pasti banyak yg mencoba peruntungan dunia bisnis sarang burung walet dan banyak manfaatnya ya buat kesehatan 😊

    BalasHapus
  3. Oh ternyata bisnis wallet masih menguntungkan ya mba? Padahal dirumah tanteku banyak tuh burung wallet bersarang di garasi rumhanya padahal dia gak ternak wallet. Wkwkwk, bisa jadi sumber income yaaa tar kuinfoin ah tipsnya ini

    BalasHapus
  4. kalau ada bangunan agak tinggi tak terpakai, lumayan buat pelihara walet daripada sia2. peluangnya cetar

    BalasHapus
  5. Wah kok kayaknya gampang banget ya hehe jadi inget waktu aku kecil bisnis budidaya sarang burung walet ini lagi ngetrend banget. Banyak rumah dijadikan sarang burung walet

    BalasHapus
  6. Aku sering liat gedung-gedung yang dijadiin ternak sarang burung walet

    BalasHapus
  7. di daerah ku di Binjai Sunut banyak banget gedung yang dijadikan sarang walet, soalnya burungnya memang banyak jadi sayang kalau nggak ada tempat. Lumayan ya kan hasilnya :)

    BalasHapus
  8. Selama ini cuma melihat rumah-rumah yang membudidayakan walet aja, belum kepikiran untuk menjalankan usahanya. Menarik nih ada kunci suksesnya untuk merawat rumah sarang burung walet nya.

    BalasHapus
  9. Di tempatku banyak burung walet, tapi belum ada yang merawat seperti km Arief ini. Padahal berpotensi banget nih ya

    BalasHapus
  10. Aku enggak tau di mana cari burung wallet ini. Ntar tanya mamaku ah..

    BalasHapus
  11. Setahun aku klo pelihara burung itu ribet, eh ternyata klo burung wallet ga yac, ga mesti di kasih makan setiap hari

    BalasHapus
  12. ada salah satu temen kantor ku yang pengusaha walet kak. menjanjikan juga yaaa ternyata

    BalasHapus
  13. Budidaya burung wallet masih asing dan mahal di sini mbak. Mungkin karena nggak banyak juga yang tau caranya. Postingannya sangat informatif

    BalasHapus

Posting Komentar