Teman Kreasi Pasar Sayoor Pekalongan Ajarkan Produk Pangan Lokal Go Digital

12 komentar


Teman Kreasi Pasar Sayoor Pekalongan Ajarkan Produk Pangan Lokal Go Digital - Apa yang sudah kamu lakukan untuk orang lain? Apa yang sudah kamu lakukan untuk dirimu sendiri? Sebuah usaha dikatakan berhasil, jika mampu memberikan solusi dari semua permasalahan yang dihadapi.


teman kreasi indonesia pdf teman kreasi indonesia 2020
Teman Kreasi Pasar Sayoor Pekalongan



 

Terima kasih atas kehadiran sebuah platform pasar sayur online, yang ada di Pekalongan bernama Pasar Sayoor, yang menghubungkan antara petani, peternak, pedagang pasar, dan produsen komoditas pokok dalam one-stop shopping digital paltform.

 

Mustahil Pasar Sayoor bisa digunakan oleh semua kalangan di sekitar Pekalongan, tanpa adanya inovatif dan kreatif yang ciptakan oleh seorang pemuda bernama Syaroful Azka. Ditambah jaringan yang luas, dan bergabungnya Azka di Teman Kreasi membuatnya mampu mengepakan sayap lebih tinggi lagi.

 

Mengapa Pasar Sayoor hadir? Menjawab kegelisahan manusia akan pangan dan cara mendapatkannya dengan segala kemudahan. Kamu pekerja kantor yang sibuk tidak punya waktu untk belanja? Mau belanja takut keluar karena rawan dengan penularan Covid-19? Atau kamu seseorang yang memiliki perkebunan (Petani) yang tidak bisa menentukan harga, karena harga jual ditentukan tengkulak? Harga yang disebarkan di pasar juga tidak stabil peruntungannya. Saat nya kamu bergabung dengan Pasar Sayoor! Degan Visi menjadi platform pasar sayur online yang meningkatkan kesejahteraan petani lokal, layak didukung dan kamu juga bisa berkontribusi dengan cara memesannya.

 

Buat kamu yang juga ingin berkembang usahanya, bergabung dengan program Teman Kreasi yuk, yang didukung oleh Smartfren. Nantinya jika sudah bergabung, Teman Kreasi bisa mendapatkan koneksi internat 4G LTE Advance loh, yang mana bisa digunakan untuk menjalankan kegiatan dalam berjualan online.

 

Program Taman Kreasi sendiri memiliki tujuan melahirkan jaringan wirausaha serta kerator baru yang 100% lokal, sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat. Sebuah tujuan yang sangat mulia sekali.

 

 

 

Sejarah Berdirinya Teman Kreasi Indonesia  yang Didukung oleh Smartfren

 


teman kreasi indonesia pdf teman kreasi indonesia 2020
Teman Kreasi Indonesia


 

Teman Kreasi Indonesia merupakan wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital. Tahu sendiri kan? Jaman sekarang semuanya sudah serba digital. Awalnya UMKM yang hanya ingin berkecimpung di bagian produksi, mau nggak mau harus melek teknologi juga. Pun di saat wabah tak terduga datang. Masyarakat khususnya pelaku usaha dipaksa untuk belajar memaksimalkan segalanya dari rumah.

 

 

Saat ini telah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota. Masing-masing Teman Kreasi Indonesia dikelola oleh ketua yang memiliki usaha sendiri, sekaligus menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya. Begini nih, orang-orang pilihan yang nggak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi juga ingin mengajak yang lain terbang tinggi.

 

Hingga saat ini, Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia, telah melaksanakan beberapa kegiatan yang membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM di berbagai kota di Indonesia, sekaligus membuka peluang digitalisasi bagi mereka. Contohnya adalah kegiatan Teman Kreasi Cilacap, yakni Jajan Mamake yang turut mendukung penjualan hasil produksi UMKM di sekitarnya dengan mengadakan bazar online.

 

Produk UMKM hasil produksi lokal Cilacap tersebut antara lain berupa makanan tradisional seperti sale pisang, keripik batang (debog) pisang, tahu krispi, atau onde-onde. Sebelum adanya inisiatif ini, kebanyakan UMKM tersebut menjual produk – produknya hanya dengan menitipkannya ke toko atau kios terdekat. Namun setelah mengenal digitalisasi arahan dari Teman Kreasi, sekarang pemasaran jauh lebih luas lagi.

 

Ada juga Teman Kreasi Kabupaten Tangerang, yakni Kopi dan Topi Bambu; serta Teman Kreasi Mojokerto, yakni Eco Printing, yang memberikan bimbingan sekaligus peningkatan kapasitas pada UMKM di sekitar wilayahnya. Dengan adanya inisiatif Teman Kreasi Indonesia yang memberikan bazaar online dan kegiatan pembinaan dari Smartfren, UMKM tersebut dapat menjual produk – produknya secara online dan dapat lebih kreatif dalam memasarkan produknya, baik berupa makanan dan minuman atau dalam bentuk yang lain.

 

Teman Kreasi Pekalongan, yakni Pasar Sayoor Online dan Teman Kreasi Kota Tangerang, yakni Kopi Nineteen, telah menjalankan gerakan sosial untuk membantu UMKM di sekitarnya. Kedua Teman Kreasi tersebut menyisihkan hasil penjualan dari usahanya demi memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok (sembako) untuk warga yang terdampak pandemi.

 

Bagaimana? Tertarik dengan Teman Kreasi dan ingin bergabung juga? Akan lebih banyak manfaat yang didapatkan dan jaringan silaturahminya akan makin lebar lagi.

 


 

Inovasi yang Dilakukan oleh Teman Kreasi Indonesia

 

 

teman kreasi indonesia pdf teman kreasi indonesia 2020
teman kreasi indonesia 2021


Teman Kreasi hadir dari gabungan perusahaan lokal, yang dibina dan difasilitasi oleh Smartfren dengan tujuan agar bisa memberikan kebermanfaatan yang seluas-luasnya. Untuk bergabung dengan Teman Kreasi ini sangat mudah sekali, hubungi saja Teman Kreasi yang sudah ada di daerahmu atau menghubungi leader Smartfren Community di sekitar tempat tinggal. Karena sayang sekali jika tidak dimanfaatkan kesempatannya, apalagi di jaman sekarang yang semuanga sudah serba  menggunakan teknologi.

 

Lantas aa saja sih inovasi yang sudah dilakukan dari Teman Kreasi? Ini dia beberapa di antaranya:

 

Adanya Program Inkubator

Program Inkubator dibuat berbasis komunitas pelanggan (Community-based CSR) sebuah korporasi. Dengan demikian dari communit-based inilah timbul inisiati-inisiatif yang bersifat bottom up dari masyarakat langsung, bukan dari top down korporasi. Kunci inilah yang dijalankan oleh Smartfren dari sustainable SCR, yang membuatnya makin keren.

 

Adanya Spirit Teman Kreasi

Teman Kreasi ini merupakan digital Sociopreneurship, dalam artian lain yakni kewirausahaan sosial berbasis digital. Mengapa harus sociopreneurship sih? Agar peserta Teman Kreasi ini nggak cuma ngejarnya profit usaha dang, amun mengejar kemampuan memberi manfaat juga. Bukankah semakin banyak memberi akan semakin banyak dibagi oleh Allah ya kan? Konsep inilah yang diusung agar lingkungan sekitar ikut serta mendapatkan dampak benefitnya.

 

Program Teman Kreasi


 

1. Kelas online melalui media digital bertema pengembangan bisnis,

2. Event hybrid untuk promosi usaha dengan protokol kesehatan ketat, dan

3. Pendampingan atau business coaching secara virtual

 

 

Lagi, Smartfren Meraih Penghargaan IDX Award

 

 

teman kreasi indonesia pdf teman kreasi indonesia 2020
Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren saat menerima penghargaan 
IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021


Selamat! Untuk Teman Kreasi Indonesia, yang sudah dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik dan meraih penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Namun sebelumnya Smartfren juga telah mengantongi penghargaan, atas inovasi pengembangan Smartren Community dalam pelaksanaan program corporate social responsibility.

 

Saya yakin tidak mudah memberikan yang terbaik, tetapi Smartfren mampu membuktikan dalam ajang bergengsi tersebut bahwa inovasi yang dilakukannya memberikan dampak yang baik di masyarakat. Luar biasa.

 

Diungkapkan oleh Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, “Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan Penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang kami terima selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.”

 

Nah buat kamu yang belum tergabung dengan Teman Kreasi, atau sudah menjadi Teman Kreasi jauh-jauh hari harus memberikan motivasi nih agar semakin banyak teman-teman kita yang lain di mana mereka berkecimpung membangun usaha agar bisa berkembang lebih besar lagi. Karena kesuksessan yang sesungguhnya adalah, kesuksessan yang diraih dengan bersama. Setuju?

Related Posts

12 komentar

  1. Bagus banget nih program Teman Kreasi. Sampai bisa bikin aplikasi Pasar Sayoor. Jadi gampang ya kalau mau belanja. Aku juga sejak ada aplikasi belanja, nggak pernah ke pasar lagi hehe.

    BalasHapus
  2. Sangat membantu banget ya aplikasi Teman Kreasi ini…terutama UMKM di masa pandemi bgini…smoga bisa terus menebar kebaikan di masa serba digital ini ya.

    BalasHapus
  3. Waaa...ada Pasar Sayoor langgananku niih.. Emang keren mereka apalagi didukung program Teman Kreasi ya..

    BalasHapus
  4. keren nih inovasinya. aplikasi kayak gini memang banyak diminati ya mbak, apalagi jika didukung pihak yang memang kompeten seperti Teman Kreasi ini

    BalasHapus
  5. MasyaAllah keren banget bener-bener membuka peluang bagi pelaku usaha di bidang ini ya..hebat nih teman kreasi

    BalasHapus
  6. Baru tahu ttg program Teman Kreasi dari Smartfren. Sangat menginspirasi dan membantu banget nih buat UMKM. Semoga makin banyak perusahaan yang peduli dan melakukan inovasi serupa seperti halnya Teman Kreasi dari Smartfren.

    BalasHapus
  7. Masyaaallah asyik bener nih. Belanja jadi makin mudha ya nyi ga pake kluar rumah semua kebutuhan terxukupi. Keren nih programnya

    BalasHapus
  8. Cemerlang nih ide untuk bikin Pasar Sayoor. Ngebantuin sekali bagi yang mau belanja tapi masih ngeri untuk keluar rumah. Semoga Teman Kreasi terus memunculkan ide baru untuk pengembangan UMKM lainnya.

    BalasHapus
  9. Senengg ada aplikasi kayak gini. Beneran ngebantu bgt sih dr segi konsumen juga *yaitu aku* hahaha. Kata pepatah kalo mau jalan cepet, ya jalan sendiri. Tapi kalo mau jalan jauh, ya jalan bersama. Uwu

    BalasHapus
  10. Unik banget namanya ya Pasar Sayoor di Pekalongan, kagum dengan program Smartfren Taman Kreasi ini membantu umkm agar lebih berdaya dan maju di tiap daerah ya

    BalasHapus
  11. Ikut bangga, sekarang banyak banget aplikasi yang mendukung umkm. Semoga dengan begini makin maju dan banyak pilihan untuk berbelanja. Semakin mudah semakin murah buat ibu-ibu kayaknya semakin disukai juga ini hehehe

    BalasHapus
  12. Aplikasi yang sangat membantu UMKM ya mbak Nyi.. Apalagi ditengah kesulitan masa pandemi ini. Keren!!

    BalasHapus

Posting Komentar