Ingin Sehat, Kaya, dan Bahagia? Kuncinya Jadi Manfaat pada Sesama

10 komentar

 

Ingin Sehat, Kaya, dan Bahagia? Kuncinya Jadi Manfaat pada Sesama - Jadi manfaat untuk orang lain memang tidak mudah, tetapi bisa dimulai untuk jadi manfaat diri sendiri dahulu. Bagaimana caranya? Melaksanakah shalat, merutinkan sedekah, dan silaturahmi. Ketiga hal teresebut merupakan cara terbaik dan tercepat untuk mengundang pertolongan Allah. Kok bisa?


jadi manfaat dompet dhuafa pdf jadi manfaat dompet dhuafa untuk anak jadi manfaat dompet dhuafa untuk wanita


 

Seseorang yang selalu mendirikan sholat, gemar melakukan sedekah, dan hobi bersilaturahmi akan dilindungi oleh Allah dan terhindar dari berbagai penyakit serta bencana.

 

InsyaAllah keberkahan juga akan diberikan, kemudahan, dan kecukupan dalam berkehidupan. Oleh karena itu orang yang mengharapkan sukses, sehat, kaya, dan bahagia hendaknya menjadikan shalat, sedekah, dan silaturahmi menjadi aktivitas yang utama di atas segala kegiatan yang lainnya.

 

Mari kita ulas sejenak ketiga hal yang bisa menarik cinta Allah, rasul-Nya, dan para malaikat ini.

 

 

Shalat

 

Shalat merupakan ibadah yang harus dan wajib dikerjakan oleh umat Islam. Shalat bukan ibadah biasa saja, tetapi banyak manfaat yang sangat luar bisa. Shalat juga bisa menjadi pembeda, mana orang muslim dan mana orang kafir plus menjadi penentu amal seseorang di akhirat nanti.

 

Gerakan shalat adalah gerakan yang bisa bermanfaat untuk tubuh, dimana bisa mengobati berbagai penyakit. Taruhlah seperti saya yang sedang hamil, dengan sujud yang sering saya lakukan membuat janin yang awalnya dalam posisi melintang sudah menjadi turun ke bawah kepalanya. MasyaAllah.

 

Dengan shalat yang terus dilakukan, pun bisa mencegah seseorang berbuat kemungkaran. Bukan hanya sebagai tiang agama, Shalat juga merupakan ibadah dengan keajaiban tidak terhingga.

 

Sedekah

 

Sedekah, kegiatan yang bisa dikerjakan dengan mudah dan kadang juga susah. Mudah karena telah terbiasa, susah karena berpikir apa yang dimiliki berkurang. Tidak, tidak begitu kawan.

 

Sedekah adalah amal yang kita lakukan dengan ganjaran yang tanpa batas. Sedekah merupakan investasi yang tidak akan pernah berhenti. Dengan bersedekah, rezeki seseorang akan terus bertambah dan berlipat ganda. Bahkan sedekah juga yang bisa menyelamatkan kita dari musibah, menolak bala, dan menghilangkan kesusahan.

 

Silaturahmi

 

Kita tidak bisa lepas dari berhubungan dengan orang lain, dalam kehidupan di dunia ini. Manusia adalah makhluk sosial, yang tidak bisa sendirian maka dibutuhkan saling berinteraksi dan menjaga komunikasi.

 

Rosulullah SAW mengajarkan kita untuk selalu membina hubungan baik dengan orang lain dan menyambung tali silaturahmi. Dengan silaturahmi, hidup manusia akan menjadi lebih berkah, saling menyayangi dan memperlancar rezeki.

 

Silaturahmi ini bisa kita lakukan dengan siapa saja, tetapi Islam menganjurkan dari yang terdekat lebih dahulu. Orangtua adalah orang yang paling terdekat dan memiliki kasih sayang tak terhingga kepada kita. Kemudian saudara kandung, ipar, dan baru sanak famili yang lain.

 

Yang paling dahsyat dari puncak silaturahmi ini adalah, Allah akan mengganjar surga di akhirat kelak. Sebagaimana juga dengan orang yang shalat, zakat, dan sedekah.

 

Dari Abu Ayyub Al-Anshari, beliau bercerita jika da seorang laki-laki bertanya kepada Rosullullah SAW. "Ya Rosulullah, ceritakanlah kepadaku amalan yang dapat memasukkan aku ke dalam surga dan menjauhkan aku dari neraka?" Rosulullah menjawab, "Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi." (HR. Bukhari dan Muslim).

 

MasyaAllah ya begitu mulianya silaturahmi, nah selain silaturahmi inspirasi apalagi sih yang bisa kita lakukan untuk jadi manfaat pada sesama, atau minimal untuk diri sendiri juga?

 

 

5 Kegiatan Jadi Manfaat Kepada Sesama dengan Berbagi Ilmu



jadi manfaat dompet dhuafa pdf jadi manfaat dompet dhuafa untuk anak jadi manfaat dompet dhuafa untuk wanita
5 Kegiatan Jadi Manfaat Kepada Sesama dengan Berbagi Ilmu



Sedekah yang paling afdal adalah seseorang mempelajari suatu ilmu, lalu mengajarkannya kepad saudara sesama muslim. " (HR.Ibnu Majah).

 

 

1. Mencatat lalu membagikan

 

Saat kita mengikuti sebuah kajian ilmu, atau talkshow sebuah acara apa pun itu, catat inti dari kajian yang didatangi. Apa yang kita tulis biasanya jauh lebih melekat, dari apa yan gkita ingat karena mudah hilang.

 

Jika kita membagikan catatan apa yang kita tulis dari kajian yang kita datangi tersebut, si blog, status media sosial ata media lain kepada orang-orang. InsyaAllah apa yang ditulis tadi pahalanya akan mengalir tak terbatas untuk kita.

 

2. Membagikan keahlian yang kita miliki

 

Punya kemampuan apa dirimu? Keahlian apa yang kamu miliki? Seperti misalnya pintar memasak, pandai mendesain, ahli memotret. Maka buatlah tutorianya lengkap, dengan tujuan orang lain bisa mendapatkan ilmu dari apa yang kita bagikan. Tunggu keajaiban pahalanya bekerja.

 

3. Memanfaatkan yang kita punya untuk kebaikan

 

Apa saja yang kita miliki di rumah jika tidak terpakai, atau lebih sering menganggur sebaiknya dimanfaatkan untuk kebaikan. Anda punya kamera bagus menganggur, daripada rusak bisa dipakai untuk kebaikan sebagai jalan dakwah. Bisa merekam kajian, workshop, talkshow, yang nantinya dbagikan kepada sesama.

 

4. Membagikan apa yang dikuasai

 

Saya dan suami berkecimpung dalam usaha souvenir dan menjualnya melalui online. Kami juga bergabung dengan komunitas jualan online, dari sana banyak ilmu yang kami dapatkan. Allhamdulillah kami sering diminta oleh sahabat ataupun orang-orang yang ingin bisa mendigitalkan dagangannya, untuk berbagi pelatihan. Hal ini membuat kami bertambah relasi dan silaturahmi. MasyaAllah. Mungkin contoh kecil ini juga bisa kawan praktikan.

 

5. Wujudkan keahlian memasakmu dengan berbagi

 

Keahlian apa yang kamu miliki? Misalnya memasak, kamu mahir memasak dan tidak ada salahnya membagikan masakanmu kepada pekerja bangunan di sekitar masjid. MasyaAllah berapa orang yang merasa bahagia mendapatkan kenikmatan, dari masakanmu? InsyaAllah berkah barokah.

 

 

5 Kegiatan Jadi Manfaat Kepada Sesama dengan Berbagi harta

 

jadi manfaat dompet dhuafa pdf jadi manfaat dompet dhuafa untuk anak jadi manfaat dompet dhuafa untuk wanita
5 Kegiatan Jadi Manfaat Kepada Sesama dengan Berbagi harta


 

1. Berbagi sandal jepit

 

Berbagi itu sebenarnya mudah, coba dengan uang 25 ribumu dan belillah dua pasang sandal jepit dan taruh di mushola/masjid atau bisa juga uang 100 ribumu dibelikan mukena dan taruh di mushola/masjid.

 

Sandal jepit tersebut bisa digunakan untuk berwudhu, dan mukenanya bisa digunakan untuk sholat. Rosulullah bersabda, "Barangsiapa yang membantu menyiapkan sandal kepit untuk saudara muslimnya, maka seakan-akan ia telah membawa orang tersebut dengan kendarananya di jalan Allah."

 

Saya pernah melakukan hal demikian, membeli mukena dan membagikan pada setiap mushola yang saya datangi ketika sholat. Kalau kamu pernah berbagi hal apa?

 

2. Berbagi pakaian layak

 

Berapa banyak baju yang kamu miliki? Banyak yang masih baru dan hanya baru satu kali dipakai? Lakukan gerakan BRB (Bongkar, Rapikan, dan Bungkus)

 

Pakaian yang masih bagus milikmu tersebut, rapikan dan beri pengharum pakaian lantas bungkus dan masukan ke dalam boks untuk dibagikan.

 

3. Berbagi kepada petugas kebersihan di sekitar

 

Setiap hari apa petugas kebersihan datang mengangkut sampah di daerahmu? Sesekali berikanlah tip untuk mereka. Bisa sambil mengucapkan demikian, "Bapak ini ada sedikit titipan rezeki dari Allah. Terima kasih sudah membuat bumi menjadi lebih bersih."

 

4. Berbagi nasi bungkus

 

Setiap bulan hal ini yang rutin saya lakukan dan teman-teman komunitas MIFA. Melakukan senabung (sedia nasi bungkus), nominalnya bebas dan nasi bungkus tersebut dibagikan kepada orang lain yan glebih membutuhkan. Allhamdulillah sudah beberapa tahun, dan semoga saya terus istiqomah. Aamiin.

 

5. Berbagi dengan uang kembalian

 

Pernah naik angkot? Atau ojol kalau jaman sekarang. Bolehlah ya sesekali membayar dengan uang lebih.

Jika kamu masih ingat kisah sedekah dari Imam Hasan Al-Bashri, yang mana kita nggak pernah tahu amal mana yang akan diangkat atau diterima oleh Allah.

 

 

5 Kegiatan Jadi Manfaat Kepada Sesama dengan Berbagi bersama Dompet Dhuafa


 

Dompet Dhuafa merupakan lembaga Amil Zakat Nasional, yang punya tujuan mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Ada 5 pilar program utama yang punya tujuan besar, dalam mengentaskan kemiskinan tersbut, yakni : kesehatan, ekonomi, pendidikan, sosial, dakwah&budaya, serta wakaf.


5 Kegiatan Jadi Manfaat Kepada Sesama dengan Berbagi bersama Dompet Dhuafa
5 Kegiatan Jadi Manfaat Kepada Sesama dengan Berbagi bersama Dompet Dhuafa


 

Ada 3 alasan mengapa harus berbagi dengan Dompet Dhuafa : Responsif dalam merespon kebutuhan masyarakat dengan cepat, Suistainable Program jangka panjang untuk kemandirian umat, dan Creadibility bertanggung ajwab penuh menjalankan amanah program.

 

Nah pilihan pelayanannya disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman, ini dia 5 pelayanan yang bisa dilakukan Dompet Dhuafa untuk seluruh masyarakat.

 

 

1. Donasi

Kita bisa berdonasi untuk meringankan beban mereka, ada pilihan ingin berdonasi kepada siapa. Misalnya: sedekah iftar untuk Palestina, bangun pesantren, sedekah Jumat, ambulan untuk Gaza, dan lain sebagainya.

 

2. Zakat

Pada Dompet Dhuafa kita bisa menunaikan zakat yang harus dikeluarkan oleh setiap muslim. Seperti Ramadan ini, kita harus mengeluarkan zakat fitrah, bisa juga zakat fidyah, maal,  perhiasan, penghasilan, dan lain sebagainya.

 

3. Sedekah

Amalan yang paling dicintai Allah adalah bersedekah, layanan Dompet Dhuafa terbuka 24 jam full dalam melayani orang-orang yang ingin bersedekah harta

 

4. Wakaf

Untuk sedekah harta benda atau wakaf ini, ada banyak pilihan juga yang bisa kita pilih. Mau wakaf untuk sekolah bisa, bangun pondok pesantren, wakaf masjid, wakaf lahan pangan, dan lain sebagainnya.

 

5. Kurban

Setiap hari raya Idul Adha, banyak orang muslim yang ingin berkurban. Jika dana yang digunakan tidak cukup untuk membeli hewan qurban, kita bisa patungan dengan teman yang lainnya. Atau punya dana tapi nggak tahu harus berkurban kemana, bisa langsung memilih layanan pada Dompet Dhuafa, di layanan Kurban.

 

Bisa berkurban sapi 1/7, sapi utuh,  domba atau kambing dengan berbagai ukuran (premium, standar, medium) bisa disesuaikan dengan budget.

 

Allhamdulillah ya beragam pilihnannya. Kalau saya sudah pernah menggunakan layanan zakat, di bulan Ramadan ini. Sangat mudah dan cepat. Intip reviewnya di bawah ini ya.

 

Pengalaman Menunaikan Zakat Melalui Dompet Dhuafa

 

Kebetulan saya menggunakan alur menghubungi melalui WhatsApp, karena sekalian ingin bertanya nominal berapa yang harus dikeluarkan zakatnya. Mengingat katanya setiap daerah berbeda. Tetapi ternyata disamaratakan untuk menunaikan zakat melalui Dompet Dhuafa ini.


Pengalaman Menunaikan Zakat Melalui Dompet Dhuafa


 

Untuk zakat fitrah kemarin saya mengakses website melalui ponsel https://www.dompetdhuafa.org/ kemudian pilih "berdonasi". Pada strip tiga di atas saya pilih kategori zakat, ada beberapa pilihan zakat, saya  pilih yang Zakat Fitrah. Disini kita bisa mengitung besaran zakat fitrah yang perlu kita keluarkan menggunakan kalkulator zakat.

 

Setelah tau berapa yang harus dibayar, lanjut klik "bayar zakat", dan bisa pilih salah satu, login terlebih dahulu atau langsung zakat dengan klik menu "Lanjutkan Sebagai Tamu". Tinggal masukan nominal yang harus dibayarkan, dan kita bisa memilih metode pembayaran yang tersedia.

 

Kik verifikasi "Saya bukan robot" dan pilih "Lanjutkan Pembayaran", kemudian lanjutan seperti proses ketika akan melakukan pembayaran online. Selesai

 

Lihat saja saya langsung mendapatkan notifikasi pembayaran berhasil, setelah mengikut langkah yang diberikan. MasyaAllah cepat dan mudah sekali ya. Jadi lega sudah melaksanakan kewajiban dalam membayar zakat. Terima kasih Dompet Dhuafa, 30 Hari Jadi Manfaat? Siapapun pasti bisa!

 

jadi manfaat dompet dhuafa pdf jadi manfaat dompet dhuafa untuk anak jadi manfaat dompet dhuafa untuk wanita
Lomba Blog Jadi Manfaat yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa



“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jadi Manfaat yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”


Related Posts

10 komentar

  1. Berbagi nasi bungkus bagus banget tuh. Apalagi bagi yang bener2 kelaparan pasti sangat bermanfaat ya

    BalasHapus
  2. Banyak cara ya yang bisa kita lakukan untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Yg penting, menanamkan pada diri, bahwa kita mau berbagi pada orang lain

    BalasHapus
  3. DD salah satu lembaga yang cukup terpercaya ya untuk urusan penyaluran donasi..

    BalasHapus
  4. Dompet Dhuafa saya rasa memang memberikan banyak manfaat. Bisa menjadi fasilitator para dermawan kepada yang pantas menerimanya. Semoga berkah

    BalasHapus
  5. Setujuu banget sesuai dengan hadis Rasulullah mbak Nyi kita mesti jadi pribadi yang bermanfaat salah satu caranya yaa menolong orang lain.

    BalasHapus
  6. Menariknya shalat itu, selain ibadah yang bikin hati tenang sebenarnya bisa jadi olahraga juga kalau gerakannya tepat. Kewajiban-kewajiban lain pun punya keutamaan masing2, alhamdulillah berzakat bisa melalui DD ya. Good luck lombanya, Nyi.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah tahun ini aku juga mengeluarkan zakat di DD. Praktis banget, ada bacaan niatnya juga jd lebih afdhol rasanya 🥰

    BalasHapus
  8. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat. Hal ini menjadi motivasi bagi setiap insan untuk berbagi, baik itu tenaga, ilmu, harta, bahkan doa. Tulisan yang bermanfaat Mbak...

    BalasHapus
  9. MashaAllah~
    Indahnya kebersamaan ya Nyi.. Bisa saling merasakan kesakitan saudaranya yang mungkin tidak seberuntung kita dari sisi keadaan, keuangan sampai ketenangan.

    Semoga dengan sedekah yang didonasikan masyarakat, kebermanfaatan dana di Dompet Dhuafa semakin besar.

    BalasHapus
  10. Suka banget sama tipsnya.. Bener banget kalau mau kaya ya sholat sedekah dan rajin silaturahmi. Dah ada janji Allah dalam hadits dan quran kok.

    BalasHapus

Posting Komentar