Personal Branding Melalui Internet Bersama Rumahweb

6 komentar


Personal Branding Melalui Internet Bersama Rumahweb - Suatu hari di dalam bus kota yang penuh sesak, orang-orang berangkat kerja, anak-anak berangkat ke sekolah dan ada seorang pria yang mengenakan stelan jas rapi. Di sebelahnya ada ibu-ibu yang juga nyempil akan berangkat ke pasar untuk berbelanja, tidak ada yang tahu si pria berjas rapi sedang bersibuk ria, menyobek tas si ibu dengan cutter yang tajam. Ia berusaha untuk mengambil dompet si ibu, dan sukses.


rumahweb login cpanel rumahweb rumahweb affiliate
Personal Branding Melalui Internet Bersama Rumahweb




Namun, tiba-tiba ada seseorang berteriak, "Copet! Copet!" seorang anak kecil berseragam yang mengetahui menunjuk, si pria berjas rapi. Karena penuh sesak, pencopet gagal melarikan diri dan sicopet berhasil ditangkap oleh penumpang bus. Untungnya sicopet tidak menodongkan cutternya. Kayaknya memang masih amatir. Dan semua terpana, karena dia mengenakan jas rapi seperti orang akan berangkat kerja. Tidak ada yang menduga bukan kalau dia pencopet? Hehehe ...

 

Kesimpulannya, orang yang sedang melakukkan aksi menggasak barang (dompet) orang lain dinamakan copet, artinya branding pencopet sangat kuat dimata masyarakat. Benar? Beda lagi dengan maling, kalau maling orang yang sedang mencuri barang orang lain di rumah, di ruko, dan dibeberapa bangunan lain. Contoh tersebut adalah personal branding dari sisi kejahatan. Lantas bagaimana dengan kehidupan sehari-hari?

 

  • Misalnya saya menyebut Emeron dan sunsilk, apa yang ada dibenak anda? Merek sampo? Benar!
  • Misalnya saya menyebut Toyota, Daihatsu, anda pasti langsung ngebayangin mobil, betul? Hehehe ...
  • Kalau saya bilang iPhone? Otomatis anda langsung bilang merek handphone. Kalau aqua? sanyo? Daia, Roma, dan lain sebagainya.

 

Di atas adalah nama-nama merek yang berbeda dan mampu menjelaskan identitas dirinya, karena sudah begitu menancap kuat di hati masyarakat.

 

Bagaimana dengan personal branding publik figur yang punya brand kuat dibidangnnya? Saya akan menyebutkan beberapa sebagai contoh.  

 

  • Ada Tiara Andini, ia dikenal dengan sebutan penyanyi dengan suara emas dan jebolan dari ajang pencarian bakat Indonesian Idol.
  • Rafi Ahmad, ia dikenal sebagai pembawa acara multi-talenta yang mengawali karir dari usia muda.
  • Tung Dasem Waringin, seorang motivator dan pakar marketing Indonesia.
  • Asma Nadia,  seorang penulis novel dan cerpen yang sukses difilmkan karya-karyanya.

 

Sosok di luar negeri begitu namanya disebut, pasti punya posisi tersendiri di hati masyarakat. Saya sebutkan Blackpink? Lee Min Ho? Obama? Leonardo diCaprio? David Beckham? dan lain sebagainya.

 

Penulis buku The Power of Branding (2007) Timothy P.O'Brien mengungkapkan bahwa personal brand adalah identitas pribadi yang mampu menciptakan sebuah respon emosional terhadap orang lain mengenai kualitas dan nilai yang dimiliki orang tersebut.


rumahweb affiliate trial hosting rumahweb rumahweb clientzone
Personal branding


 

Lantas, bagaimana sebuah merek barang, atau jasa bisa begitu melekat di hati masyarakat dengan segala atribut dan perbedaannya tersebut? Caranya adalah melakukan upaya yang disebut dengan branding.

 

Sementara personal branding itu sendiri adalah proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki seseorang. Baik itu dari segi kepribadian, nilai-nilai dirinya, kemampuan, yang akhirnya digunakan sebagai alat pemasaran. Personal branding juga membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya dan mengukuhkan dirinya sebagai seorang yang punya otoritas atau spesialis dibidang tertentu.

 

 

Personal Brading yang Kuat Punya 3 Hal yang Mendasar, Ini Dia

 

 

rumahweb login cpanel rumahweb rumahweb affiliate
3 hal yang mendasar dalam personal branding


Personal brand yang kuat selalu memiliki 3 hal mendasar dan menyatu. McNally&Speak (2004) mengerucutkan tiga hal tersebut demikian:

 

1. Kekhasan

 

Personal branding yang kuat punya sesuatu yang khas dan berbeda dari kebanyakan orang. Yang nantinya bisa direpresentasikan dengan kualitas pribadi atau keahlian yang dimiliki. Karena sejatinya manusia adalah makhluk Allah yang unik dan spesifik, tinggal digali lebih dalam lagi kekhasan yang dimiliki.

 

Sebagai contoh, Presiden RI pertama, Soekarno Hatta dalam setiap pidatonya punya kekhasan tersendiri dengan suara yang menggelegar sehingga rasa nasionalisme rakyat Indonesia ikutan menggebu. Pantas saja beliau dikenal sebagai orator ulung.

 

2. Punya relevansi

 

Personal branding yang kuat dekat sekali dengan relevansi karakter orangnya, kalau relevansi tidak dimiliki McNally mengungkapkan maka akan sulit terjadi penguatan pada pikiran masyarakat.

 

Sebagai contoh, Tung Dasem Waringin, motivator sekaligus pakar markeating yang dikenal dengan bapak motivator indonesia ini. Nggak relevan kalau beliau ngomongin soal pelestarian lingkungan hidup di masyarakat.

 

3. Konsistensi

 

Personal branding yang kuat dibutuhkan upaya yang konsisten dan berbagai cara yang terus agar bisa disebut dengan brand equity (keunggulan merek).

 

Sebagai contoh Atta Halilintar yang brandingnya seorang YouTuber, maka tidak perlu lagi ia membranding dirinya sebagai pembawa acara, atau diwaktu yang lain ingin membranding diri sebagai pelawak, karena track revordnya bisa jadi bias alias nggak jelas. Kayak bunglon jadinya berganti-ganti warna.

 

Mengapa? Karena branding yang bagus dan kuat bisa menjadi aset berharga dan membuka kesuksesan di berbagai bidang. Maka jaga untuk terus konsisten, okay!

 

 

Cara Membangun Personal Branding Melalui Internet

 

rumahweb login cpanel rumahweb rumahweb affiliate
cara membangun personal branding melalui internet


 

Sudah jelaskan sekarang mengenai personal branding? Lantas bagaimana membangun personal branding dengan memanfaatkan internet? Simak selengkapnya di bawah ini ya.

 

1. Belajarlah mengenal diri sendiri

 

Personal branding yang kuat harus mencerminkan identitas pribadi kita, bahkan lebih bagus lagi buatlah analisis SWOT dari diri sendiri agar semakin lebih mengenali dirimu, kekuatanmu, dan kelemahanmu. Contoh sederhananya, dibidang atau pekerjaan apa kamu merasa lebih unggul? Apa yang membuatmu termotivasi dalam setiap hari? Dan lain sebagianya.

 

Lantas buat biodata dirimu yang sesuai dengan brandingmu di semua akun media sosialmu.

 

2. Ingin dikenal sebagai apa?

 

Sebelum menggeluti dunia blogger, saya lebih dahulu berkecimpung di dunia menulis novel. Oleh sebab itu orang banyak mengenal saya sebagai penulis, tetapi sekarang saya lebih dikenal sebagai blogger karena sudah tidak pernah lagi menulis novel.

 

Personal branding ini penting sekali, karena kaitannya dengan pemasaran diri dari seseorang yang ingin dikenal lebih sebagai apa di mata publik. Cara termudah, bayangkan 5 atau 10 tahun ke depan, kamu ingin dikenal sebagai apa? Maka mulai langkah kecilnya dari sekarang.

 

Gunakan media sosialmu untuk membranding dirimu mulai sekarang, dengan postingan-postingan yang mendukung personal brandingmu.

 

3. Memilih audiens kita siapa?

 

Jika kita ingin dikenal sebagai penulis, maka jangkau para pelaku yang berperan dalam dunia literasi dan platform menulis online. Tapi kalau ingin dikenal dengan pembicara internet marketing, berarti para pelaku bisnislah yang harus kamu dekati. Jadi tepat sasaran.

 

4. Membangun jejaring

 

Jika sudah tahu personal brandingmu sudah tepat, maka mulai bangun networking dengan cara menghadiri acara-acara atau kegiatan formal pun informal. Dengan membangun jejaring dan mengenal banyak audiens, kita jadi semakin dikenal lebih luas lagi dengan keahlian yang kita miliki.

 

Kalau saya sendiri bergabung di berbagai komunitas ekonomi kreatif di kota tinggal, jadi ketika ada yang membutuhkan bantuan perihal bagaimana membuat blog, atau konten tulisan di media sosial yang positif biasanya saya dicolek untuk turut serta menyusseskan acaranya.

 

5. Membuat website/blog pribadi


rumahweb affiliate trial hosting rumahweb rumahweb clientzone
Membuat website pribadi


 

Ibarat CV di dunia kerja, era digital dan teknologi sekarang ini biasanya orang akan mencari tahu dan mengenal lebih dekat brand atau seseorang melalui website atau blog pribadinya. Maka manfaatkanlah website sebagai wadah, untuk anda lebih dekat lagi oleh masyarakat secara luas. Buatlah website pribadi dengan mengisi konten yang relevan dengan bidang yang sedang anda geluti.

 

Membuat webiste sangat mudah, tingal menentukan domain murah lebih dulu dan lokasi berdirinya website tersebut, misalnya nih menggunakan platform blogger atau wordpress. Pilih domain websitenya dengan akhiran 'com', 'net', 'id', dan lain sebagainya. Kalau mau yang lebih general ya 'com' saja yang dipilih, seperti blog yang saya miliki ini 'ngeblogasik.com'.

 

Dengan memiliki domain yang tepat untuk website, menunjukkan bahwa kamu serius dalam menekuni peronal branding di masyarakat. Maka periapkan dana untuk beli domain dan memaksimalkan diri dengan konten yang dibangun. Beli domain di mana? Tenang, serahkan kepada ahlinya Rumahweb.

 

 

Memulai Branding dengan Website Bersama Rumahweb

 

 

rumahweb login cpanel rumahweb rumahweb affiliate
Branding bersama Rumahweb


Website ibarat sebuah rumah, sementara domain merupakan alamat rumah. Domain ini adalah aset yang sangat penting, dalam membangun bisnis. Mengapa? Karena domain merupakan alat optimasi website agar kita mudah diketemukan pada mesin pencari (search engine).

 

Tips untuk memilih domain:


rumahweb affiliate trial hosting rumahweb rumahweb clientzone
Tips memilih domain


 

  • Gunakan nama domain yang mudah diingat
  • Sesuaikan nama domain dengan personal brandingmu, misalnya menggunakan namamu atau nama panggungmu
  • Menggunakan 1-2 kata, hindari kata yang terlalu panjang. Karena semakin pendek justru semakin baik
  • Hindari penggunaan tanda hubung (-), contoh: nama-domain.com, akan lebih baik memilih namadomain.com

 

 

Lantas bagaimana cara membeli domain? Siapapun bisa membeli domain di provider penyedia domain rumahweb.com

Rumahweb adalah perusahaan hosting terbesar di Indonesia, yang telah melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan. Berdiri di Yogyakarta sejak tahun 2022, yang awalnya punya 1 server menjadi 30 server untuk melayani hosting dan VPS/Cloud. MasyaAllah banget ya?

 

Mengapa harus memilih rumahweb sebagai partner untuk membuat website?

 

 

rumahweb login cpanel rumahweb rumahweb affiliate
Alasan harus memilih Rumahweb


Siaga 24 jam dalam seminggu

 

Jadi, mau jam berapa pun kita butuh untuk konsultasii atau menghubungi jika terjadi kendala, rumahweb siaga 24 jam dalam seminggu full. Baik melalui telepon, email, atau livechat.

 

Ada tutorial lengkap

 

Untuk yang pertama kali ingin memasang domain, dan masih awam banget. Rumahweb menyediakan tutorial lengkap dan up to date dalam memandu menggunakan layanan Rumahweb. Jadi aman ya.

 

Spesialisasi dibidangnya

 

Sebagai perusahaan hosting terbesar di Indonesia, Rumahweb terspesialisasi menjadi 3 departemen: technical support, sales, dan billing sehingga lebih cepat serta efisien dalam membantu melayani pelanggan.

 

Layanan lengkap juga disediakan oleh Rumahweb. Ada hosting murah, VPS murah, SSL murah, Google Workspace, email bisnis, jasa pembuatan website, internet security, dan lain sebagainya. Intip saja dalam gambar di bawah ini.



rumahweb affiliate trial hosting rumahweb rumahweb clientzone
Layanan rumah web


 

Nah, jika kamu seorang freelancer, profesional, atau pun pelaku usaha rintisan yang sedang butuh membangun website untuk branding, Rumahweb welcome banget menerima konsultasi untuk semua layanannya. Promo menariknya juga banyak tersedia, tinggal klik menu 'Promo' sebelum memutuskan untuk membeli, soalnya kan lumayan dapat potongan diskon ya kan?

 

Supaya nggak ketinggalan, masukan juga alamat emailmu untuk menerima promo. Jadi ketika ada promo dirilis, gercepin aja. Ikuti juga media sosial Rumahweb agar tidak ketinggalan info-info menarik lainnya. Terlebih YouTubenya, karena banyak video yang membuat kita bisa belajar banyak hal, mengenai dunia website dan sebagainya.




 

Informasi lengkap Rumahweb

 

  • Website: rumahweb.com
  • Instagram : @rumahwebgram
  • Twitter: @rumahwebtweet
  • YouTube : rumahwebtv
  • No Telepon : 0274-882257
  • Email : info@rumahweb.com

Alamat kantor 

Yogyakarta (Headquarter)
Jalan Lempongsari No. 39C
Sleman, Yogyakarta 55581

Jakarta (Branch)

CityLoft Sudirman Unit #2503
Jl. KH. Mas Mansyur No. 121
Karet Tengsin, Jakarta Pusat

 

Rumahweb Blog Competition 2022></a></div>
<div class='aBottom'>
</div>
<div class='post-labels'>
<a href='https://www.ngeblogasik.com/search/label/Teknologi' title='Teknologi'>Teknologi</a>
</div>
</div>
<script type='application/ld+json'>{

Related Posts

6 komentar

  1. Baru tahu nih ternyata Rumah Web memiliki layanan lengkap bahkan bisa melayani smpai 24 jam saat ada masalah gk sulit lagi ya jadinyaa

    BalasHapus
  2. Asma Nadia semakin kuat personal brandingnya dengan internet sehingga semakin meluas informasi dan sebarkan karya-karyanya. Smoga slalu ada personal branding yang postif dan juga menginspirasi yang lainnya

    BalasHapus
  3. Yang bikin nyaman dari rumah web ini fast respon ya. Kalau soal ilmu dan wawasan jangan ditanya. Dari websitenya saya sering baca banyak banget ilmu ngeblog dan seputaran nya dari sana...

    BalasHapus
  4. Woow infonya kompliit!
    Makasih ya mbak, sekarang jadi makin yakin untuk membuat branding yang relate banget dengan passion

    BalasHapus
  5. Aku pernah baca juga, di zaman digital ini, personal branding bisa menjadi kunci kesuksesan untuk dilirik oleh perusahaan tempat melamar pekerjaan.

    Bahkan ada yang melirik platform media sosial calon karyawan untuk melihat cara berekspresi, mulai dari perasaan hingga karakter diri.

    Nah, personal branding yang ini memang perlu internet!

    Biar sat-set-sat-set, langsung lengket!
    Hihihi.

    BalasHapus
  6. Bener banget branding diri itu awalnya dari ciri khas. Kayak para YouTuber kan gitu jg ya. Baru tahu kalau lewat rumah web kita bisa dibantu jg dgn layanan lengkap buat branding web sendiri

    BalasHapus

Posting Komentar