Featured Post

Min Yoo Jung Tokoh Drama Korea Wanita Pekerja Keras di Must You Go

Resep Oseng Tempe Kecap Pedas Manis Enak


Resep Oseng Tempe Kecap Pedas Manis Enak - Selamat berakhir pekan teman-teman, sudah memasak apa hari ini untuk keluarga tercinta? Saya sudah membuat resep tempe kecap basah, dan hasilnya tinggal separuh. Tersantap dengan manis oleh keluarga, allhamdulillah.




resep oseng tempe kecap pedas manis resep tempe kecap kering resep tempe kecap basah tempe kecap kuah resep tempe kecap bango bumbu tempe goreng kecap sambal tempe kecap bango resep tempe kecap cabe ijo
resep tempe kecap basah




 

Cara membuat oseng tempe kecap, nggak susah kok. InsyaAllah semua bahan bumbu dapurnya tersedia di rumah teman-teman, tinggal butuh tempenya sebagai bahan yang utama.

 

 

Resep Oseng Tempe Kecap

 

 

Setiap bangun dari tidur, langsung nih auto mikir mau masak sarapan apa untuk mertua dan suami. Kebetulan kalau udah tengok isi kulkas, jadi langsung kepikiran menu apa yang harus di masak.

 

Pagi ini isi kulkas ada timun, tomat, bakso, dan tempe. Karena emak mertua kalau makan harus ada kuahnya otomatis saya bikin sayuran dari bahan timun, dan jadilah sayur bening timun. Tinggal tempenya mau diapain, eh ... nemu ide bikin oseng tempe kecap lombok ijo aja. Kebetulan ada cabai ijo dan merah besar di kulkas.

 

Semoga resep yang saya bagikan ini bermanfaat, karena sangat mudah sekali dalam membuat resep oseng tempe kecap.

 

 

Bumbu Tempe Goreng Kecap

 

  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang Putih 1 siung
  • Laos 1 iris
  • Daun Salam 2 lembar
  • Cabai ijo 1 buah

 

Bahan Tempe Kecap Kuah

 

 

  • Tempe 1 potong, kebetulan make tempe daun yang selonjor
  • Tomat 1/2 potong, biar sedap
  • Minyak untuk menggoreng
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

 

 

Cara Masak Oseng Tempe Kecap Sederhana




resep oseng tempe kecap pedas manis resep tempe kecap kering resep tempe kecap basah tempe kecap kuah resep tempe kecap bango bumbu tempe goreng kecap sambal tempe kecap bango resep tempe kecap cabe ijo
tempe kecap kuah



 

  • Kupas semua bumbu oseng tempe kecap manisnya. Dari bawang merah, dan bawang putih. Iris laosnya satu iris saja, dan daun salam. Cabai ijo 1 buah untuk pemanis dan penyedap. 
  • Setelah dikupas cuci dengan bersih, baru diiris. Bawang merah, bawang putih, dan juga cabainya.
  • Iris juga bahan tempe kecapnya, seperti tempe dan tomatnya. Kalau tomat saya iris memanjang, kalau tempe saya potong dadu. Kalau mau diiris panjang boleh, bebas sih. Selera. 
  • Jika semuanya sudah siap. Panaskan wajan, dan beri minyak. Jika dirasa sudah panas, masukan semua bumbu oseng tempe kecap pedas. Tumis sampai harum ya.
  • Jika sudah harum, masukkan tempe dan oseng sampai tercampur rata dengan bumbu. Barulah taruh kecap, lantas siram dengan air. Disesuaikan dengan kuah yang dibutuhkan. Karena di rumah emak dan bapak mertua udah sepuh, makanya saya memasak dengan kuah banyak agar mudah lembek tempenya. Soalnya kan giginya udah pada ompong, ehehehe ...
  • Kalau sudah mendidih, kecilkan apinya. Beri penyedap rasa, dan garam. Lalu diincip.

 

 

Resep Oseng Tempe Kecap Pedas Manis, sudah selesai dibuat. Mudah bukan? Cara yang sama bisa diterapkan untuk membuat resep tempe kecap kering, tinggal kurangi kuahnya sedikit saja. Atau tempenya digoreng terlebih dahulu, semacam membuat resep kering tempe renyah. 


Ada juga cara membuat oseng kerang pedas, yang bisa dikepoin resepnya lho teman-teman dan juga resep membuat opor ayam. Siapa tahu lagi pengen masak kerang dan opor ayam. Selamat membuat dan memasak dengan hati senang. Salam.


Komentar

  1. Nyammm nyaaamm enakk buangett ini Nyi.

    Pingin coba bikin ughaaa
    Praktis pulak yaa

    BalasHapus
  2. Menjadi penguji masakan boleh?resep makanan perlu dicoba

    BalasHapus
  3. itu tempenya gak digoreng setengah matang dulu?

    BalasHapus
  4. wah kesukaan saya nih jika stuck mau masak apa

    masakan paling gampang yang bergizi

    BalasHapus
  5. Madakan simpel yang sshat dan wenaaaak.... Aku suka nih, Nyi. Tempe kadang kumakan gitu aja, nggak dimasak lagi.

    BalasHapus
  6. Ini menu andalan aku kalau pas lagi bingung mau masak apa, murah dan meriah. Pake nasi anget aja udah enak banget

    BalasHapus

Posting Komentar