Masih Jadi Blogger Yang Berharap Sekaligus Jadi Miliarder

13 komentar


Masih Jadi Blogger Yang Berharap Sekaligus Jadi Miliarder - Selamat hari Blogger Nasional, Teman-teman! Masih menulis kan sampai detik ini? Kalau nggak menulis, status sebagai blogger, tempelan doang dong! Eah ... duh canda.


hari blogger nasional diperingati setiap tanggal blogger diluncurkan oleh 27 oktober 2020 hari apa 27 oktober diperingati sebagai hari
Masih Jadi Blogger Yang Berharap Sekaligus Jadi Miliarder



Yuk isi blog kamu, yang siapa tahu udah lumutan, bahkan banyak sarang laba-labanya di berbagai sudut hehehe ... tapi domain masih dibayar kan? #Eh jadi dalam rangka Hari Blogger Nasional Warung Blogger mengajak semua Blogger di seluruh Indonesia menulis dengan tema, 'Kenapa Saya Masih menulis'. 


Mengapa Saya Masih Menulis?


Semenjak tahun 2011, saya mulai latihan menulis gara-gara di facebook banyak sekali orang yang menulis sesuatu di fitur Notes. Awalnya agak ragu nih, bisa nggak ya nulis kayak mereka. Eh akhirnya keterusan sampai bisa menulis 8 novel. 


Suatu ketika ada teman menulis yang juga menggeluti dunia blog, namanya Ila Rizky dan dari dia pula saya memiliki blog. Padahal nggak pernah ngisi, karena posisi saya masih di luar negeri jadi tekawe dan amunisi cuma hape. Dianggurin tuh blog, sampai saya pulang ke Indonesia. 


Di tahun 2014 saya diajak join untuk menjadi penulis konten, di sebuah website franchise minuman. Harus ngantor setiap hari, dan mengakrabkan diri dengan website. Ingetlah dengan blog yang pernah dibikinin Ila, dan mulai mengisi di sela-sela waktu kerja. Biar nggak bosen gitu. 


Saya juga browsing, mencari tahu komunitas blogger yang ada di daerah saya tinggal. Ternyata adanya di Semarang, namanya Gandjelrel. Beberapa bulan join, ada tawaran nih untuk kopdar dan talkshow yang disponsorin oleh salah satu bank yang ada di Indonesia. Fee yang didapat lumayan banget, dan itu kali pertama saya mendapatkannya dari ngeblog. #MataDuitan #Eh nggak sia-sia izin dari kantor hehehe ...


hari blogger nasional diperingati setiap tanggal blogger diluncurkan oleh 27 oktober 2020 hari apa 27 oktober diperingati sebagai hari
Selamat hari Blogger Nasional


Dari situlah saya mulai pelan-pelan mengelola blog, meski masih satu, dua, tiga dalam sebulan mengisinya dan tidak tahu juga harus diisi apa. Jadi asal aja menulisnya. Nggak tahu yang namanya kaidah SEO pula. Pelan tapi pasti, justru setelah resign dari kantor di 2017 penghasilan dari ngeblog lah yang justru menghidupi. 


Sampai dengan saat ini, saya sudah memiliki 7 blog yang dikelola sendiri. Kemaruk ya? Emang, #Eh ... nggak gitu juga sih. Saya merasa blog ini sebuah aset digital, yang bisa memberikan kita pemasukan sekaligus bertahan untuk hidup. Pada faktanya memang demikian. Dimana uang menjadi alat tukar, kita bisa memenuhi kebutuhan. 



Bergabung dengan Berbagai Komunitas Blogger



Dari hobi menulis inilah, yang membuat saya akhirnya kepo-kepo dengan berbagai komunitas blogger. Saya ingin belajar lebih dalam lagi, dan teknik apa yang bisa diterapkan agar blog semakin banyak mendapatkan penghasilan dan nilainya bagus. 


Dulu nggak kenal yang namanya DA, PA, DR, Broken Link, Alexa, dan lain sebagainya. Semuanya membutuhkan proses, kalau sekarang banyak kelas ngeblog gratis harus dimanfaatkan. Sayang banget kalau dilewatkan jika kamu ingin jadi blogger, yang sekaligus menghasilkan cuan. 


Dari Gandjelrel saya gabung dengan Blogger Perempuan, BloggerCrony, KEB, Warung Blogger, Lintas Blogger Semarang, Blogger Pekalongan, Blogger Kendal, dan lain sebagainya yang membuat saya makin banyak belajar dunia ngeblog. 


hari blogger nasional diperingati setiap tanggal blogger diluncurkan oleh 27 oktober 2020 hari apa 27 oktober diperingati sebagai hari
hari blogger nasional diperingati setiap tanggal 27 Oktober 2021



Ternyata ngeblog bikin saya jadi kenal banyak teman, bisa jalan kemana-mana juga dengan modal ngeblog. Menyenangkan ya, hobi yang mendapatkan pundi-pundi penghasilan. Oleh sebab itu, konsistensilah yang masih saya pegang sampai sekarang. Hanya itulah kunci untuk terus bertahan dalam dunia ngeblog. 


#SayaMasihMenulis, Kamu bagaimana? Yuk jadi miliarder dengan profesi blogger. Emang bisa? InsyaAllah dengan segala yang diupayakan, hehehe ... buat semangat-semangat untuk terus menulis ya kan? 


Selamat hari Blogger Nasional, semuanya! Gaungkan terus literasi menulis di manapun dan kapanpun. Salam. 

Related Posts

13 komentar

  1. Senangnya....Nyi
    Karena dari ngeblog juga Aku bisa kenal dan ketemu sama Nyi. MashaAllah~

    BalasHapus
  2. selamat hari blogger kak, semoga bisa terus berkarya dan menginspirasi tulisannya. Tetep semangat dan konsisten yak

    BalasHapus
  3. Pertama ikut acara di Semarang terus kita yang ketemu gak sih? Acaranya Sore ke malam. Wow. Semoga kita tetap semangat ngeblog ya. Sampai nanti

    BalasHapus
  4. Selamat hari blogger meskipun masih sedikit penghasilan dari blog tapi saya tetap menulis hingga sekarang

    BalasHapus
  5. Wah aku termasuk yg suka sama notes nya fb, tapi cuma pernah nulis 2x karena akhirnya jatuh cinta sama blog. Alhamdulillah ya jadi blogger memang banyak membantu kehidupan kita

    BalasHapus
  6. Seneng baca tulisan penuh semangat kayak gini. Dan ikut seneng pula dengan pencapaian Nyi di dunia blogging. Masya Allah sudah punya 7 blog, lho.. keren sih ini.
    Terus semangat menulis ya, Mbak. Dan Selamat Hari Bloger Nasional 😊

    BalasHapus
  7. 8 novel. 7 blog. Luar biasa sih ini.

    Ikut senang mbaknya masih konsisten dan menghasilkan semoga bisa mengajak kami para bloger pemalas untuk rajin kembali.

    BalasHapus
  8. Keren banget 7 blog, aku dulu punya 2 trus ngos2an haha, akhirnya satu aja.
    Tapi bener kalau mau serius utk dapat penghasilan di blog salah satunya ya ternak blog, konsisten ngisi juga ya pastinya. Tinggal manajemen konten dan manajemen waktunya aja :D

    BalasHapus
  9. Bergabung dengan berbagai komunitas bloger menurutku sangat membantuku untuk selalu bersemangat dalam ngeblog. Tanpa komunitas, rasanya seperti sedang berlari di jalan yang sunyi.

    BalasHapus
  10. Wiih 7 blog? Saya aja mengelola 2 blog kewalahan malah kadang galau ketika mau nulis 1 artikel yang bagus mau ditaruh di blog yang mana wakakakaka.

    BalasHapus
  11. Iya, ngeblog memang bikin kita kenal banyak teman bloger lain. Menyenangkan sekali kita bisa dapat ilmu dan teman sekaligus.

    BalasHapus
  12. Wow 7 blog, semuanya masih rutin diupdate sampai sekarang mba?
    Belum kefikiran nambah blog, 1 aja masih keteteran ngaturnya. Hiks
    Komunitas blogger itu bikin semangat ngeblog terjaga berkat liat updatean blog dari temen lainnya.

    Semangat ngeblog terus ya mba

    BalasHapus
  13. Pasti bisa kalau benar benar tekun
    Saya pun memiliki impian yang sama sehingga anak anak bisa sekolah dengan mudah keluar negeri dengan biaya dari ngeblog

    BalasHapus

Posting Komentar